Iklan

 


Fashion

Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman

Saturday, June 29, 2024, June 29, 2024 WIB Last Updated 2024-06-29T08:31:55Z
Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman
Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman



ENERGI_PERUBAHAN.COM, LANGKAT \||/ SUMATERA UTARA -  Lapas Pemuda Kelas III Langkat Kanwil Kemenkumham Sumut terus berkomitmen dalam memberikan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Salah satu upaya yang dilakukan adalah penanaman bibit di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Pemuda Langkat, Sabtu (29/06).


Kegiatan penanaman yang dipimpin langsung oleh Kalapas Pemuda Langkat, Raymon Andika Girsang dan Ketua Dharma Wanita, Ny. Citra Raymon Girsang didampingi oleh Kasubsi Pembinaan, Marhisar Sinaga, Kasubsi Kamtib, Hotler Krisman Pasaribu, Kasubsi AO, Juan Carlos, Kaur Tata Usaha, Abul Fauzi Tarigan, ibu-ibu dharma wanita, jajaran staf, Taruna Poltekip dan CPNS.


Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman
Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman



Bapak Kalapas mengatakan kegiatan pembinaan kemandirian SAE ini juga mendukung keputusan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi di Lembaga Pemasyarakatan. Berdasarkan keputusan tersebut, penyelenggaraan SAE di Lapas bertujuan untuk mengoptimalkan pembinaan kemandirian dengan membaurkan narapidana ke tengah masyarakat dan membuka peluang partisipasi serta edukasi bagi masyarakat tentang kegiatan dan hasil produk pembinaan kemandirian sehingga terbangun citra positif penyelenggaraan Sistem Pemasyarakatan.


"Saya berharap dengan telah adanya SAE  Lapas Pemuda Langkat ini dapat terus meningkatkan pembinaan bagi warga binaannya dan mengasah kemampuan serta kreativitas warga binaan itu sendiri yang nantinya dapat dijadikan bekal keterampilan mereka menjadi mandiri dan kembali menjadi manusia seutuhnya yang bermanfaat”, pungkasnya.


Perpanjang tangan Kalapas, Marhisar Sinaga mengatakan Sebelum dilakukan penanaman, proses pembibitan telah dilakukan oleh para WBP di bawah bimbingan petugas lapas. Proses ini mencakup pemilihan benih berkualitas, teknik penyemaian, hingga perawatan bibit agar siap ditanam di lahan terbuka, adapun tanaman yang akan ditanam adalah terong, rambutan, mangga, durian dan jambu.


"Ukuran keberhasilan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan bukan lagi sekedar memperoleh nilai baik yang tercantum dalam Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana, namun bagaimana mereka bisa mempraktekan dengan baik hasil dari pelatihan dan proses pembinaan yang telah mereka lalui selama menjalani masa pidana" sambutnya.


“Diharapkan dengan adanya SAE ini, maka komitmen Lapas Pemuda Langkat sebagai tempat pembinaan kemandirian bagi Warga semakin terwujud,” pungkasnya.


Dengan tersedianya SAE ini akan semakin baik persiapan bagi WBP setelah menjalani masa hukuman agar diterima dengan baik di masyarakat.(Red/Hms/Ril/Ws)


#KemenkumhamSumut

#KumhamPASTI

#divisipemasyarakatansumut

#humaslapada

Komentar

Tampilkan

  • Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman
  • 0

Terkini

 


Beauty